Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI)

Kontes Robot Indonesia  (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) adalah sebuah kompetisi yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) dengan tujuan mendorong penguasaan teknologi maju bagi para mahasiswa teknik di Indonesia. Kontes tahunan yang selalu dinanti oleh para penggemar robotika dan di ikuti banyak Perguruan tinggi (Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi) di Indonesia. Sebuah ajang pembuktikan, gensi dan eksistensi almamater. Sebuah event yang yang menguras energi dan pikiran, membuat darahmu bergejolak, emosimu memuncak, keluar dari rasa malu, dan sombong optimis untuk jadi juara.!!! Wahh, Terlalu lebay tampaknya... Maklum mantan kontestan, Hehhe.


KRI merupakan kompetisi yang terdiri dari sebuah robot manual dan beberapa robot automatis yang saling bekerja sama untuk menyelesaikan sebuah misi yang telah di tentukan. Misi yang akan dikerjakan tergantung dari tema penyelengagaran yang setiap tahunnya berubah. Kontes Robot Indonesia (KRI) 2011 Sepenuhnya mengadopsi rule ABU Robocon 2011 yang di adakan di Bangkok dengan Tema Loy Krathong, Lighting Happiness with Friendship, yaitu untuk kontes Internasional Asia-Pasific.

Robocon 2011 Thailand Contest 


KRCI merupakan robot automatis yang lebih menekankan sisi "cerdas" dari robot. Bagaimana robot dapat menyelesaikan sebuah misi dengan banyak logika dan alogaritma untuk banyak kemungkinan. Untuk KRCI terdiri beberapa divisi antara lain :
  1. Divisi Beroda Robot Cerdas Pemadam Api. Robot yang diikutkan dalam divisi ini harus menggunakan roda sebagai alat geraknya dengan misi mencari sumber api dan memadamkannya. Arena yang digunakan berbentuk simulasi interior suatu rumah.
  2. Divisi Berkaki Robot Cerdas Pemadam Api. Prinsipnya sama seperti divisi sebelumnya namun hanya alat geraknya saja yang membedakan yakni pakai kaki. 
  3. Divisi Battle RoboSoccer Humanoid League.Dalam divisi ini dipertandingkan 2 robot humanoid yang bermain sepakbola. Dan yang memasukkan bola ke gawang lawan paling banyak dialah pemenangnya.

Pelaksanaanya ada 2 tahap yakni Regional dan Nasional.
Kontes Regional KRI dan KRCI 2011
Regional 1 : 21-22 Mei 2011 di Batam
Regional 2 : 14-15 Mei 2011 di Bandung
Regional 3 : 28-29 Mei 2011 di Yogyakarta
Regional 4 : 7-8 Mei 2011 di Surabaya
Regional 5 : 30 April-1 Mei 2011 di Palu

Kontes Nasional KRI, KRCI, dan KRSI 2011
11-12 Juni 2011 di Yogyakarta

Ayo mari kita nonton KRI-KRCI di jogja, ajak adik, kakak, mama, juga ayah. 

4 komentar:

NTRage03 said...

wah keren2 :)

Tongkonanku said...

Kayaknya kenal yang ada di foto. :D

becak_gila said...

@aciid !!!!!!

Disingahin anak ITS, jdi sungkan,.. :D

becak_gila said...

@Tongkonanku

Whahhaha,....

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...