Mobile Web

Perkembangan teknologi pada perangkat mobile membutuhkan perkembangan software yang sejalan dengan perkembangan hardware pada perangkat mobile seperti perangkat handphone, pocket pc, console game dan multimedia pocket player. Karakteristik masyarakat modern yang memiliki mobilitas tinggi, mencari layanan yang fleksible, mudah dan memuaskan serta mengejar efisiensi di segala aspek melatarbelakangi lahirnya inovasi mobile web, yaitu sebuah aplikasi web browser yang diaplikasikan pada perangkat mobile yang memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi seperti dari sebuah web pada sebuah personal computer meskipun dengan beberapa keterbatasan.
Definisi.

Mobile web adalah aplikasi akses internet atau akses internet menggunakan peralatan yang bersifat mobile berbasisikan browser yang bertujuan untuk mengakses layanan data secara wireless dengan menggunakan perangkat mobile seperti handphone, pda dan perangkat portable yang tersambung ke sebuah jaringan telekomunikasi selular. Mobile web yang diakses melalui perangkat mobile perlu dirancang dengan mempertimbangkan keterbatasan perangkat mobile seperti sebuah handphone yang memiliki sebuah layar dengan ukuran yang terbatas ataupun beberapa keterbatasan pada sebuah perangkat mobile.

Perkembangan Mobile web
Perkembangan mobile web tidak lepas dari masalah Usability dan interoperability. Permasalahan interoperability dipengaruhi dari fragmentasi platform perangkat mobile, sistem operasi mobile dan mobile browser. Permasalahan Usability berpusat di sekitar ukuran fisik hardware yang kecil dari faktor bentuk ponsel (layar resolusi terbatas dan input pengguna / keterbatasan operasional). Ini adalah dua tantangan terberat ketika melakukan desain web untuk mobile web.

W3C (World Wide Web Consortium) mengeluarkan pengaturan inisiatif dengan nama Mobile Web Initiative (MWI). Tujuan WMI adalah membuat web dapat diakses dari sebuah perangkat mobile secara sederhana seperti mengakses web dari sebuah komputer desktop. Desain sebuah mobile web membutuhkan implementasi perbaikan dari segi interoperability, usability dan accessibility pada sebuah mobile web. Mobile Web umumnya berukuran ringan disetiap halamannya yang ditulis dengan Extensible Hypertext Markup Language (XHTML) atau Wireless Markup Language (WML) untuk mengirimkan konten ke perangkat mobile. Selain itu beberapa teknik seperti dengan menggunakan Adobe Flash Lite atau J2ME yang memungkinkan untuk membuat perangkat mobile yang lebih bervariasi.

Mobile web turut berkembang seiring dengan perkembangan teknologi web. Pada mobile web juga dikenal dengan sebutan mobile web 2.0, yang yang diartikan membawa teknologi web 2.0 ke sebuah mobile device. Dapat digambarkan seperti membuka sebuah web 2.0 (contohnya facebook) ke dalam sebuah perangkat mobile. Ciri pada web 2.0 yaitu interaksi yang lebih aktif, ketersedianya data secara real time atau update secara berkala ketika terjadi perubahan data pada web dapat dibangun dengan menggunakan teknik AJAX ataupun Flash Lite.

Kesimpulan
Perkembangan desain mobile web memiliki beberap aspek yang harus diperhatikan khusunya pada perangkat kerasnya. Dari segi bandwith saat ini kondisi jaringan khususnya di Indonesia sudah memungkinkan untuk mendapatkan bandwidth yang cukup besar dari jaringan selular. Walaupun dengan pertimbangan biaya akses yang dikenakan oleh ponsel jaringan bisa tinggi jika tidak ada biaya flat per bulan. Selain itu pertimbangan keterbatasan pada mobile device harus diperhatikan antara lain.
  1. Keterbatasan RAM dan kecepatan processor dalam mengeksekusi proses.
  2. Ukuran layar yang tidak terlalu besar, dan juga perbedaan ukuran layar secara fisik dan resolusi pada masing-masing perangkat (meskipun saat ini tersedia browser seperti Opera yang dapat menampilkan seluruh halaman seperti browser pada PC).
  3. Keterbatasan input pada masing-masing perangkat mobile.
  4. Dari segi software, kompatibilitas browser dan mobiles pendukung cukup berpengaruh dalam menjalankan sebuah mobile web.
  5. Ketahanan baterai yang berbeda pada setiap perangkat.

0 komentar:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...