Geolocation


Geolocation adalah sebuah fitur yang dapat mengidentifikasi letak geografis nyata sebuah objek, seperti ponsel atau terminal computer yang tersambungkan ke internet. Geolocation berkaitan erat dengan posisi, dan lebih ditekankan pada penentuan lokasi (misalnya alamat jalan) bukan hanya sekedar kordinat geografis. Lokasi geografis pada system geolocation dapat diketahui antara lain melalui Internet Protocol (IP), alamat MAC, RFID, keterangan yang terdapat pada hardware/nomor produksi, embedded software number, faktur, lokasi sambungan Wifi atau perangkat GPS. Geolocation biasanya bekerja secara otomatis mencari alamat IP melalui layanan WHOIS dan mengambil alamat fisik pendaftar. Data alamat IP geolocation dapat mencakup informasi seperti negara, kawasan, kota, kode pos, kordinat lintang dan bujur, serta zona waktu.

Kegunaan Geolocation.
Geolocation sebagai sebuah aplikasi yang memberikan banyak kegunaan bagi para penggunanya (user), geolocation dapat digunakan sebagai buku panduan virtual untuk mengakses lokasi atau lokasi terbaru ataupun data lokasi terbaru, untuk navigasi dan sistem informasi geografis, ataupun GPS atau GIS untuk keperluan navigasi, mapping, tracking, dan lain – lain. Pengguna juga dapat memberikan informasi terbaru tentang lokasi/daerah yang belum dikenal bagi pengguna lainnya.

Permasalahan Geolocation.
Masalahnya adalah bahwa privasi pengguna dipublikasikan untuk umum. Pengguna mungkin tidak harus memberikan izin mempublikasikan alamat/tempat dimana pengguna berada (atau di suatu tempat benar-benar dekat) kepada agen periklanan online yang tidak diketahui ataupun pihak-pihak yang punya maksud tertentu. Geolocation juga dapat disalahgunakan oleh beberapa tipe malware.

Geolocation mungkin salah satu dari topik panas perjalanan teknologi informasi tahun ini sebagai tumbuhnya layanan check-in dan penjualan smartphone yang melambung. Peluang pengembangan aplikasi geolocation sangat luas dan beragam, misalnya : aplikasi agensi perjalanan, agensi perhotelan, agensi restoran, agensi transportasi dan banyak lagi yang menggunkan lokasi sebagai acuan sebuah sistem informasi. Tantangaan utama adalah bagaimana menyediakan aplikasi mobile geolocation sebagai cara inovatif untuk menjangkau pengguna dan memberikan informasi yang dibutuhkan di lokasi pengguna berada seiring dengan peningkatan popularitas ponsel pintar (smartphone) saat ini.

Salah satu aplikasi social nertwork yang berbasiskan geolocation yaitu foursquare. Add me, Oke.



0 komentar:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...